Sabtu, 10 Maret 2012

Depresi

Apa Itu Depresi ?
Depresi adalah kondisi psikologis yang serius yang mempunyai gejala utama sebagai berikut :
  • Mood rendah,
  • pikiran kematian,
  • menangis,
  • perasaan tidak berharga,
  • kurangnya minat,
  • kurang nafsu makan,
  • putus asa,
  • kurangnya libido,
  • lesu kelelahan,
  • dan insomnia.

Penyebab Depresi
Penyebab dari depresi sebenarnya bermacam-macam, karena setiap orang yang mengalami depresi tergantung pada keaadaan yang di hadapinya dan kondisi  mentalnya.
Salah satu penyebab umum depresi adalah reaksi psikologis untuk situasi stres dalam kehidupan orang yang mengalaminya Penyebab ini dapat mencakup masalah
  • kematian,
  • penyakit,
  • pekerjaan,
  • perceraian atau
  • redundansi.
Peristiwa atau stres dapat menyebabkan rendahnya permanen suasana hati, serta gejala lain dari depresi seperti kecemasan, rendah diri dan kepercayaan diri. Dalam kasus ini dapat cukup mudah untuk menentukan penyebab depresi
Depresi juga dapat disebabkan oleh perubahan kimia atau hormon di otak. Perubahan hormon dapat memiliki efek yang kuat pada mood. Perubahan ini dapat menjadi sangat jelas pada wanita selama kehamilan, siklus menstruasi, atau menopause, dan oleh sebab itu mengapa wanita lebih cepat mengalami depresi di banding Pria
Riwayat keluarga yang broken Home juga dapat memengaruhi fsikologis anggota keluarga tersebut, sehingga dapat menimbulkan depresi terutama depresi pada anak selaku anggota keluarga tersebut
Depresi sering juga dapat disebabkan oleh obat-obatan seperti ganja dan narkoba lainnya, dan juga jumlah berlebihan alkohol.
Dan banyak yang lainnya yang menjadikan seseorang terkena tekanan  depresi.
Gejala-gejala Depresi


Berikut gejala-gejala depresi :
1) Masalah Tidur
Depresi adalah penyakit mental, tetapi dapat mempengaruhi tubuh Anda serta pikiran Anda. Masalah tidur, misalnya, bisa jadi merupakan gejala depresi.
Susah tidur atau justru terlalu banyak tidur umum ditemui pada orang yang mengalami depresi.
2) Lelah, letih, lesu
Jika Anda merasa begitu letih sehingga Anda tidak memiliki energi untuk menjalankan tugas sehari-hari , bahkan di saat Anda tidur atau banyak beristirahat, hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda mengalami depresi.
Depresi dan kelelahan adalah dua hal yang berkaitan. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengalami depresi empat kali lebih mungkin untuk merasakan lelah yang tidak dapat dijelaskan, dan orang yang menderita kelelahan hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengalami depresi. Depresi dan kelelahan sama-sama cenderung membuat kedua kondisi tampaknya lebih buruk.
3) Nyeri Otot
Rasa nyeri dan depresi juga sangat erat kaitannya. Hidup dengan rasa nyeri yang kronis juga dapat meningkatkan risiko depresi. Depresi itu sendiri juga dapat menyebabkan rasa sakit karena dua kondisi berbagi utusan kimia di otak. Bahkan, orang yang mengalami depresi tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan rasa sakit kronis.
4) Nyeri Dada
Sakit dada dapat menjadi tanda dari masalah jantung atau paru-paru. Jika Anda mengalami sakit dada, datang ke dokter untuk menyingkirkan penyebab yang serius.
Tapi kadang-kadang nyeri dada dapat menjadi tanda depresi. Ada juga hubungan antara depresi dan penyakit jantung. Depresi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Plus, orang yang pernah mengalami serangan jantung lebih mungkin menjadi depresi.
5) Masalah Pencernaan
Otak kita dan sistem pencernaan sangat terhubung, itulah sebabnya mengapa banyak dari kita mendapatkan sakit perut atau mual saat kita stres atau cemas. Depresi dapat membuat masalah pada usus juga, menyebabkan gangguan pencernaan seperti gejala mual, diare, dan sembelit.
Penanganan depresi
Depresi dapat ditangani dengan perubahan pola hidup, terapi tradisional, dan/atau dengan pengobatan. Dokter dapat membantu memilih terapi atau kombinasi terapi yang paling cocok untuk kita. Jangan coba mengobati diri sendiri dengan alkohol atau narkoba karena zat ini dapat meningkatkan gejala depresi dan menimbulkan masalah lain.
Perubahan pola hidup dapat memperbaiki depresi pada sebagian orang. Perubahan ini termasuk:

· Olahraga teratur
· Berjemur pada sinar matahari
· Penanganan stres
· Konseling
· Tidur teratur
· Relaksasi
· Meditasi
· Terapi tradisional

 Depresi adalah masalah yang mempengaruhi seluruh tubuh, dengan mengganggu kesehatan fisik, pikiran, rasa dan perilaku. Semakin cepat kita periksa, semakin cepat kita dapat merencanakan strategi yang sesuai untuk menghadapi masalah ini, yang sebetulnya adalah gangguan yang sangat nyata terhadap kesehatan.
Beberapa orang memperoleh hasil yang baik dari pijat, akupunktur dan olahraga. Bila ada kekurangan vitamin B6 atau B12, suplemen vitamin ini dapat membantu.


Related Post:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar